Rabu, 09 Juli 2008

Tugas Sistim Informasi Management

Name : Restu Wardhani (P2CC07032)
: Siti Isbandiah (P2CC07033)
Lecture : Dr. Ali Rochman

Selling On The Web Is Much Harder Than It Looks

Article Review
Secara logika, menjual di web akan lebih murah daripada membuka gerai toko karena menjual di web membutuhkan pekerja yang jauh lebih sedikit yand dapat mengurangi biaya operasional perusahaan. Namun, menurut Dennis Madson, CEO dari REI berpendapat bahwa ternyata menjual di web lebih mahal dan lebih sulit dibandingkan dengan menjual di gerai toko.
Alasan yang pertama adalah masalah biaya awal untuk sebuah situs komersial sangatlah mahal. Berjualan di web tidak hanya membuat suatu situs di web, dan kemudian menunggu orang-orang untuk memasukinya. Namun ada hal lainnya juga, yakni mengenai pemasaran. Biaya untuk iklan baik online maupun offline sangatlah mahal.
Alasan yang kedua adalah mengenai tenaga kerja. Walaupun berjualan di web membutuhkan lebih sedikit pegawai dibandingkan berjualan di gerai toko, namun biaya untuk membayar mereka sangatlah mahal. Hal itu dikarenakan mereka yang bekerja di web adalah orang teknisi, sedangkan di gerai toko adalah sales penjual, dimana orang teknisi dibayar lebih mahal dibandingkan orang sales. Selain itu, tenaga teknisi diperlukan penambahan gaji setiap periode baru untuk mempertahankannya.
Alasan yang ketiga adalah adanya kemungkinan untuk direnovasi. Gerai toko memiliki kemungkinan untuk direnovasi setiap tahunnya. Namun jika kita berjualan di web, renovasi tersebut diperlukan setiap harinya. Hal ini dikarenakan ketatnya penjualan di web sehingga mengharuskan kita untuk selalu meng-upload hal-hal terbaru agar web yang kita kelola selalu up to date dan menarik konsumen. Biaya yang dikeluarkan untuk renovasi web sangatlah besar. Ditambah lagi dengan perubahan-perubahan kecil yang harus dilakukan setiap harinya. Selain itu, website akan beroperasi selama 24 jam. Jika ada kerusakan di tengah malam, harus segera diperbaiki karena web site dapat dilihat oleh orang-orang seluruh dunia dimana waktu di berbagai belahan dunia berbeda-beda.
Ada juga beberapa biaya lainnya yang timbul di perusahaan web. Karena penjualan terbesar web dipicu oleh adanya gambar-gambar katalog yang tersedia di web, maka perusahaan yang menjual barang dan jasanya di web akan menghabiskan uan yang tidak sedikit untuk membangun laboratorium fotografi. Hal ini dikarenakan kualitas foto digital lebih bagus dibandingkan foto film. Selain itu, bisnis yang menggunakan web membutuhkan biaya untuk pengiriman barang. Semua barang yang dijual di web pasti harus dikirim kepada konsumennya. Pengiriman adalah biaya yang membuat biaya berjualan di website lebih tinggi dibandingkan di gerai toko. Pelanggan yang memesan baran tersebut tidak memandang jarak lokasi mereka dengan pusat web kita. Mereka hanya menginginkan barang mereka untuk sampai secepat mungkin. Oleh karena itu, perusahaan yang mejual barangnya di web harus memikirkan cara untuk mempercepat pengiriman dimana hal ini akan menaikkan biaya. Biaya lainnya yang harus dihadapi adalah biaya yang berhubungan dengan tarif, penukaran, dan peraturan.

Jawaban Pertayaan
Isu management, organisasi, dan teknologi apakah yang harus diperhatikan saat membangun sebuah web storefront?
Dalam menghadapi masalah penjualan di web, ada beberapa isu penting yang harus diperhatikan agar bisnis yang dijalankan dengan web akan berjalan lebih efektif dan efisien. Jika terbentuk suatu sistem yang sistematis sehingga perusahaan dapat bekerja efektif dan efisien, maka ada kemungkinan besar bahwa biaya yang dikeluarkan akan berkurang.
Isu Management :
Dalam menjalankan bisnis web storefront akan ada perubahan-perubahan yang harus berlangsung sangat cepat. Hal ini agar membuat bisnis kita di web akan selalu up to date dan menarik. Adanya persaingan yang ketat di web juga menjadi pemicu diperlukannya perubahan secara berkala. Oleh karena itu diperlukannya menagement kerja yang baik sehingga web tersebut dapat memenuhi keinginan dari konsumen. Dengan demikian membentuk cross funtional team adalah salah satu cara yang dapat membentuk sistim kinerja yang efektif dan efisien. Cross functional team memaksa para pegawai untuk bekerja sebagai sebuah team. Semua divisi dijadikan satu. Setiap divisi tersebut membentuk rapat apabila akan membentuk atau membuat suatu produk. Dengan demikian, kita akan dapat membuat suatu produk yang baik bagi semua pola pandang. Dari sudut pandang pemasaran, operasional, teknisi, keuangan, dan bidang-bidang lainnya. Hal ini akan membuat produk menjadi kuat dan biaya akan lebih sedikit. Apabila perusahaan dapat bekerja efektif dan efisien maka perusahaan dapat memperkecil biaya yang akan mengawal kepada naiknya laba perusahaan.

Isu Organisasional :
Pada bisnis web, seperti yang tertera pada bacaan, diperlukan adanya perubahan secara cepat agar web dapat terus bersaing dengan pesaingnya. Selain itu harus adanya gerakan secara cepat apabila web tersebut mengalami kerusakan. Dengan demikian, perlu adanya struktur organisasi datar (flat organization) agar semua masalah yang ada dapat diatasi secara cepat. Flat organization memiliki tingkat hirarki yang lebih sedikit dibandingkan tall organization. Dengan adanya flat organization, perusahaan akan melakukan decentralization, dimana akan adanya enrichment (penambahan otoritas) kepada para pegawainya. Pengambilan keputusan pada suatu masalah yang dianggap kecil (tidak merubah jalannya bisnis, struktur, dan strategi perusahaan), pegawai dapat mengambil keputusan itu sendiri tanpa harus meminta persetujuan dari top management. Semisal apabila ada kerusakan pada web, maka para teknisi tidak perlu menunggu keputusan dari top management untuk memperbaikinya. Mereka dapat memperbaikinya saat itu juga. Flat organization akan membuat proses pengambilan keputusan menjadi lebih cepat karena untuk melakukan suatu perbaikan yang dapat membangun perusahaan, seorang manager divisional tidak perlu menunggu keputusan dari top management perusahaan.

Isu Teknologi :
Isu yang perlu dikembangkan pada isu teknologi adalah memiliki sumber daya manusia yang jauh lebih baik dibandingkan teknologi yang ada. Maksud dari pernyataan tersebut, adalah bahwa para pegawai yang bekerja di perusahaan web harus memiliki kualitas yang tinggi sehingga mereka dapat memenfaatkan sumber daya lainnya yang ada. Selain itu memiliki sumber daya manusia yang berkualitas akan dapat membuat perusahaan dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Apabila memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, maka perusahaan tidak perlu mempekrjakan terlalu banyak pegawai sehingga perusahaan dapat mengencagkan biaya. Hal ini dikarenakan sumber daya manusia yang berkualitas dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Mereka dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu secara tepat. Mereka juga dapat memiliki kemampuan untuk merubah teknologi sederhana yang kita miliki menjadi suatu yang spektakuler.

Tidak ada komentar: